Mahasiswa Kukerta MBKM Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Riau Melakukan Sosialisasi Pembuatan Spray Anti Nyamuk Dari Bahan Serai

banner 160x600

riaubertuah.id

Riaubertuah.co.id - Mahasiswa Kukerta MBKM Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Riau mengadakan sosialisasi mengenai pembuatan produk spray anti nyamuk dari bahan serai di Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (13/08/2024).

1724054022-RiauBertuah co-IMG-20240819-WA0004

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Rambah Samo Barat. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Desa yaitu Bapak Ramadhan, S.T. Masyarakat yang hadir sebanyak 36 orang yang terdiri dari masyarakat dusun 1 sampai masyarakat dusun 5. Kegiatan ini juga dihadiri oleh tiap-tiap Kepala Dusun, RT dan RW.

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat setempat dapat mengatasi ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan meningkatkan kesehatan lingkungan. Menurut ketua kukerta yaitu Bima Danu Satria sosialisasi pembuatan spray anti nyamuk ini dapat bermanfaat bagi masyarakat desa rambah samo barat karena kondisi desa yang terdapat banyak perkebunan sawit dan karet. Ini membuat masyarakat rentan terkena gigitan nyamuk.

Alasan pemilihan serai sebagai bahan utama pembuatan spray anti nyamuk karena serai mengandung zat-zat seperti geraniol, metil heptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama adalah sitronelal sebagai obat nyamuk semprot.

Cara pembuatan spray anti nyamuk, serai dicuci bersih lalu dipotong kecil-kecil. Serai direbus selama 30 menit hingga air rebusan menyusut. Kemudian diamkan air rebusan serai hingga dingin dan disaring dari sisa padatan serai. Lalu campurkan cairan serai dengan etanol 70% dengan perbandingan 3:1, yaitu 3 larutan etanol dan 1 cairan serai. Spray anti nyamuk siap digunakan.

1724053995-RiauBertuah co-IMG-20240819-WA0008

Menurut Sekretaris Desa Rambah Samo Barat, Ramadhan, S.T kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menambah pengetahuan masyarakat serta diterima baik oleh masyarakat. Ramadhan, S.T juga berharap masyarakat dapat menerapkan pembuatan spray anti nyamuk ini.

 

.