Ratusan Advokat BAHU NasDem Se-Indonesia Siap Kawal Pemilu 2024"

banner 160x600

riaubertuah.id

CISARUA, Ratusan advokat Badan Advokasi Hukum (BAHU) Partai NasDem disiapkan untuk mengawal kemenangan di tahun 2024 mendatang dan ikut ambil bagian dalam rangka memastikan perhelatan Pemilu bisa berjalan secara demokratis dan berkualitas.

Para punggawa BAHU NasDem yang berasal dari seluruh Indonesia seperti Aceh hingga Papua itu mendapat Bimbingan Teknis (Bimtek) Hukum Acara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Tahun 2024 di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi (Pusdik MK) Cisarua, Bogor, Jawa Barat selama empat hari.

1678261948-RiauBertuah co-WhatsApp Image 2023-03-07 at 13 19 18

Sesuai dengan nomor urutnya Partai NasDem menjadi partai ke lima yang mendapatkan Bimtek dari Mahkamah Konstitusi (MK). Pada kesempatan kali ini Ketua MK Anwar Usman hadir langsung menjadi penceramah kunci sekaligus membuka kegiatan yang dimulai Senin (6/3) hingga Kamis (9/3) itu.

Bimtek kali ini memberikan pemahaman prosedur, mekanisme hingga tahapan bagi seluruh partai politik peserta Pemilu 2024 mendatang dalam menghadapi Perselisihan Hasil Pemilihan Umum.

Hadir Ketua Bidang Hukum dan HAM Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, yang juga Anggota Komisi III DPR RI, Taufik Basari didampingi Sekretaris BAHU NasDem, Regginaldo Sultan serta jajaran pengurus DPP BAHU NasDem.

Selain itu hadir pula Plt. Sekretaris Jenderal MK, Heru Setiawan dan Plt. Kepala Pusdik Pancasila dan Konstitusi, Elisabeth.

Taufik Basari yang karib disapa Tobas itu berharap kegiatan Bimtek kali ini bisa diikuti dengan baik oleh seluruh pihak karena dengan dipahaminya prosedur oleh para pihak akan memudahkan proses persidangan sengketa Hasil Pemilihan Umum di tahun 2024 mendatang.

1678261976-RiauBertuah co-WhatsApp Image 2023-03-07 at 13 19 19

“Bimtek kali ini Mahkamah Konstitusi akan memberikan panduan mengenai hukum acara Perselisihan Hasil Pemilu. Kemudian juga kita akan diberitahukan bagaimana caranya menyusun permohonan yang baik, caranya memberikan keterangan sebagai pihak terkait, menyusun bukti-bukti dan sebagainya,” kata Tobas.

 

Tobas menilai bekal tersebut sangat dibutuhkan bagi para advokat apabila kelak bersidang di MK agar kualitas dari permohonan ataupun juga keterangan dari para pihak terkait bisa berkualitas dan diharapkan dapat terungkap di dalam proses persidangan secara optimal.

“Tentunya dengan berbekal dari Bimtek ini kita harapkan para advokat, para pengurus dan anggota dari Badan Advokasi Hukum Partai NasDem bisa mengawal suara-suara para Caleg termasuk suara di Partai NasDem sehingga kita pastikan Partai NasDem akan mendapatkan kemenangan nanti di tahun 2024,” kata Tobas.

Legislator NasDem DPR RI dari Dapil Lampung I yang meliputi Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat, Tanggamus, Pesawaran, Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Pringsewu, Pesisir Barat itu juga mengapresiasi langkah MK menyelenggarakan Bimtek sebagai bekal para advokat bekerja profesional ketika bersidang di MK.

“Tentunya ini juga bagian pembelajaran bagi kita semua karena banyak ilmu yang akan kita dapatkan dalam proses Bimtek ini. Mudah-mudahan akan bermanfaat bagi kita tidak hanya sebagai anggota BAHU NasDem tapi juga sebagai advokat yang memang harus mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang cukup ketika menghadapi kasus-kasus di MK,” tutup dia.

 

(WH)